Alasan Aku Menulis

Semua kutrima apa adanya
Mata terpejam dan hati menggumam
Di ruang rindu kita bertemu
-Ruang Rindu nya Letto- 


Setelah aku mengamati rangkaian kata dari lirik Letto,sungguh sangat puitis akankah lirik itu yang menjadikan subtema pada malam hari ini ? aku rasa nggak. Ngomong-ngomong soal "Aku suka Menulis" well, secret story which is my father doesn't like his note WKWKWK.

Jadi, kala itu aku lagi beberes boneka karena pas pindahan boneka-boneka gue yang dibawa bejibun. Pas diberesin aku kaget kalau sampai 3 kardus perasaan aku bawa nya dikit ajaa..kenapa ini jadi banyak bingit. -aku ngerasa- kalau udah mulai agak gedean lah yaa. Makanya aku mau beberes boneka itu dan disingkirkan dari kasur. Nah, nah pas gue lagi beberes gak sengaja aku liat buku nya Pakadir Hhohoho -penasaran- dan aku buka lah bukunya. 
Buku Harian nya Pakadir

Waktu itu aku nemuin bukunya pas balik ke Jakarta di tahun 2015 karena ada beberapa barang terutama buku-buku yang banyak tertinggal. Beberapa barang-barang rumah di taruh di gudang nya rumah Om gue jadi barang-barang nya tersusun rapih. Foto-foto wisuda, Ijazah SD, Foto-foto alay, Rapor TK-SD juga ketinggalan. Pas aku bongkar lemari 1 yang khusus buku-buku Pakadir entah itu buku kerjaan nya ataupun buku bacaan eh usut punya usut tangan aku gratil kan yaak jadi aku penasaran sama buku itu (yang digambar) dalem hati pas buka "kok Pakadir lucu amat,punya buku beginian." pas dibuka isinya -tengterengtengteng- 



Baru buka depannya, -Pakadir lewat- terus datengin aku dan nanyain aku "Kamu lagi ngapain?", kata Bokap. Gue jawab "Hah, enggak ini mau liat-liat buku, Pa ini buku apaan hehe," kata gue. Bokap langsung ambil buku nya dari tangan gue dan bilang kalau buku itu buku hariannya jadi gue boleh baca *kyaaa* hati lega ketika denger boleh dibuka. Pas dibuka isinya aku Baper wkwk, "Ya Allah jangan biarkan Baper ini melanda," / isi buku nya itu kutipan Pakadir, Curhatannya, Emosinya, Beberapa Ayat yang buat motivasi untuk mencari nafkah / Bokap pernah bilang ke gue, kalau kita mau mulai sesuatu jangan lupa kasih tau dulu bukunya, jadi kalau kita udah ngelakuin pas udah berapa tahun kita buka lagi bukunya kita bakal bilang "Wah, ini gue dulu yang hari pertama kalau masuk sekolah." Karena yaa itu tadi, Bapak gue tuu ceritain di bukunya pas hari pertama Bapak mulai kerja dan Bapak juga gak meninggalkan jadwal-jadwal yang ditulisnya -gue lupa fotoin sii- Gak disangka-sangka Bokap gue OMG! Bisa bikin puisi se-romance ini aku yang baca aja sambil senyum-senyum dan masuk dalam puisi itu. Ga nyangka bener-bener ga disangka. Antara kaget-bingung-keren. 

Emang sih, kata Emak pas lagi kasmaran Pakadir suka kirim surat gitu kan Emak-Bapak LDR lah yaa istilah jaman sekarang. Emak di Solo, Bapak di Palembang. Jadi, Bapak sering kirim surat ke Emak kata Emak sih jaman dulu belum ada hengpong. Lagi, lagi Bapak kirim surat gak hanya satu paling banyak 7 surat yang pernah diterima Emak, dan isinya Puisi gitu -ah cocwit nya- Aku suka tulisan Bapak, karena kocak aja aku liat nya hahaha. Emak yang gak ada basic menulis *katanya* kalau jawab seadanya aja dan baru dikirim setelah 3 bulan surat nya dateng. Menunggu banget ga tuh si Bapak? 

Terjawab sudah,aku suka menulis karena Pakadir seperti pepatah bilang "Buah tidak akan jatuh dari pohonnya," pepatah itu bisa digambarkan kondisi aku saat ini. Disatu sisi, aku suka menulis tapi aku gak suka membaca? aneh? tidak bagiku. Papah suka baca, tapi minat baca nya sejak di Samarinda mulai berkurang gara-gara Ia sudah berganti dengan media elektronik jadi masalah kertas-kertasan udah mulai dipunahkan. 

Pakadir juga pernah minta ke aku kalau kisah hidupnya yang bagaikan BOLANG itu di novelkan,who knows? aku buat novel Pakadir aja yang tau, aku buat udah sampe 12 bab dengan 200an halaman, pas si Retos (laptop kecil ku itu) baterainya bocor otomatis kan mati pas dibeliin baterai nya data-data hasil tulisan ku hilang :) sejak saat itu, aku gak mau lagi nulis novel tapi belum ceritain kisah Pakadir yang cerita itu pakai imajinasi ku. 

That's why,aku pindah ke blog dan ini hal yang membuat aku nyaman, dari kutipan Bapak Ralph aku seneng ceritain kejadian - kejadian aneh yang sering terjadi di hidup ku wkkwk. Kadang, aku juga mikir aku ini masih jauh dari kata -perfect- yang dimana penulis itu memiliki bahasa yang sesuai kaidah, nilai seninya dapet laah- untuk bisa menarik readers untuk bisa read. Bukan aku, yang masih nulis cerita lo-gue yang dimana itu songong? enggak juga sih.sebenernya. Hm, gmn y.

Gue lebih suka jadi diri gue sendiri, sebelum terbitin myvivaven ada blog gue 1 lagi yang udah gue block dan itu isinya agak puitis gitu, dan pas gue baca itu bukan gue banget-_- Jadi, gue putuskan untuk nulis blog pake lo-gue tapi kadang aku-kamu kok. 

-halaman tengah buku Bapak yang baru ku liat minggu ini- Ah jadi melting deh ❤




Beranilah menjalani kehidupan yang Anda impikan untuk diri Anda sendiri. Bergeraklah maju dan buatlah impian Anda menjadi nyata.
katanya,  Ralph Waldo E. Seorang penyair dan filsuf dari AS

Komentar

Postingan Populer