How to be brave ?

So, guys. In my vivaven. Rèi showed to you how to be brave. Idc what people said in here i just share my experience. 

And now, tadaaaa....

Jadi, ini ada beberapa cara dari sisi ku.

  Semua yang kita lakukan itu butuh mental apalagi kalau kita disuruh menghadap ke guru BK itu mentalnya harus kuat [tahan banting]. Tapi, kan kalau sama guru BK kan bicara nya santai *kadang tegang sii wkk* jadi selow aja.

   Nah, gimana nih kalau kita disuruh tampil didepan banyak orang dan keadaanya disitu kita tampil di depan orang yang kita gak kenal sama sekali. Dan disini aku mau sharing ke kalian dari versi ku yaak.

   Biasanya, jika kita berdiri didepan banyak orang dalam keadaan menjadi pembawa acara,berpidato,membaca puisi,dsb.

  Yang pertama kita lakuin pas lagi latihan adalah Banyak minum air putih (kok minum air putih Rèi ?) Yaa, karena kl kita nyerocos terus kan kering tenggorokan, jadi buat menstabilkan sampai hari H aja fungsinya.

     Yang kedua, banyak latihan [so pasti] usahain sehari 2-3 kali latihan. (banyak banget Rèi latihannya) Yaa supaya lebih 💯, kamu mau gak pas tampil hasilnya maksimal ?

     Yang ketiga, pas latihan kamu jangan kelamaan [lama latihan] paling lama 30 menit aja. Takutnya kamu bosen. Kalau udah inget, kamu kembali latihan lagi.

     Yang keempat, jangan pernah latihan itu kamu jadiin beban. Dibawa santai aja, dan gausah berpikiran "Nanti kalau aku udah latihan, pasti dia lebih bagus dari aku," yaa emang sii pasti kalimat itu selalu terbayang.Jadi,kawanku. Yang membuat mu menjadi malu untuk tampil didepan umum itu "aku gabisa, aku gabisa kayak dia, pasti dia lebih bagus" SO,PLEASE hilangkan kata-kata itu. Kamu mudah untuk bilang Gabisa tapi kamu belum tahu bahwa kamu itu Bisa untuk melakukannya. Jadi, Positive thinking dan Be yourself itu penting bangettt.. the important is proud to ourself . Urusan puas gapuas itu urusan belakangan (okee ini panjang banget.wkk.)

   Yang kelima, ketika kita udah PD kalau kita udah bisa dan udah kuasain materi yang akan kita tampilkan di depan banyak orang. Cara yang kelima ini, kalian wajib coba! Hukumnya Fardu'ain. Ga kok,bercanda. Cara yang kelima itu . . . Latihan di depan Cermin sambil lihat diri kamu sebenarnya. Hmm, kan anak sekarang orangnya mageran jadi kalian bisa kok liat muka kalian aja dicermin tapi lebih baiknya kalian bercermin dilihatkan anggota badannya dari atas sampai bawah atau gak 1/2 badan ajaa.

     Yang Keenam, harusnya sii ini cara yang kelima tapi gapapa lah. Ini yang biasanya aku gunakan yaitu Metode Hapalan. Kalau aku lagi hapalan pidato/puisi/ yang lainnya aku biasanya liat Teks sambil aku rekam suaraku pas aku udah rekam aku dengarkan terus liat teks lagi  lalu dengerin suaraku diulangin terus menerus sampai 3 kali. Oh iyaya setiap orang kan cara belajarnya beda-beda. Kalau tipe belajar ku itu Auditorial.

  Yang ketujuh, cara terakhir. Kalau kalian udah mau tampil pas Hari-H atau mau mendekati hari-H kalian cukup latihan sekali aja, takutnya pas hari-H nya kalian gerogi. Jadi, dibawa rileks ajaa.

Nah, ini yang paling penting gimana cara hilangin perasaan gerogi pada saat tampil ?


  1. Baca Bismillah/Al-Fatihah dan Baca Doa Kelancaran Berbicara (untuk yang Muslim) kalau yang Non Muslim  kalian banyak berdo'a aja supaya diberi kelancaran pada saat tampil.
  2. Waktu kalian sudah berada di panggung buka kaki kalian sekitar sejengkal. 
  3. Taruh, kedua tangan kalian di depan tapi dalam keadaan yang sopan, boleh juga kok taruh dibelakang *gayanya kayak istirahat gitu* tapi kurang sopan sii. [Tau aja kan] kalau untuk yang membawa teks sama juga caranya.
  4. Tatap muka Penonton terlebih dahulu sekitar 5 detik.
  5. Anggap penonton semua itu adalah "Cupu" dan dihati kamu sambil berkata "Aku lebih berani dari mereka," okee emang ini agak sombong tapi sombong nya jangan diterusin. Cukup pas tampil aja.
  6. Berikan senyuman terlebih dahulu selama 3 detik.
  7. Dan keadaan muka kamu santai aja gausah tegang.
  8. Ketika sedang bicara tatapannya ke arah penonton jangan "gak liat penonton" karena mereka tahu kalau kamu gak perhatikan mereka. Kenapa aku bilang harus liat penonton? Karena menurutku, biar penontonnya ngerasa kalau lagi diperhatiin. Wkk.
  9. Tarik nafas ketika akan berbicara.
  10. Dan, Selesai.
Okee, emang ini agak panjang dan kalau yang ga terima yaudah lah yaa 😋. Dan aku tau kalau kalian lazy to read. Tapi baca aja lahh..

Oh iya yang mau coba test nya boleh dicoba di link ini, kalau mau coba silahkan siapkan Pulpen / Kertas untuk mencatat, biar kamu gak lupa
↓↓↓↓↓↓↓↓↓
*Test VAK*

Komentar

Postingan Populer